Kamis, 19 Maret 2020

Kenali Investasi Reksadana Syariah Dan Kelebihannya



Seiring meningkatnya minat masyarakat berinvestasi tak heran jika kini muncul beragam produk inevstasi berbasis syariah. Salah satu investasi reksadana yang terbilang masih baru namun, menjanjikan keuntungan lebih adalah reksadana syariah. Pada dasarnya reksadana syariah merupakan sebuah instrumen investasi yang sebenarnya mirip dengan reksadana konvensional namun, yang membedakannya terletak pada ketentuan yang diberlakukan sepenuhnya menganut prinsip syariat Islam.  

Reksadana sebagai salah satu jenis reksadana memang belum sepopuler reksadana lainnya namun, tidak bisa dipandang sebelah mata lantaran juga menjanjikan keuntungan lebih. Lantas apa kelebihan dari reksadana syariah ini? Berikut ini penjelasan selengkapnya. 

1.       Sepenuhnya berefek syariah

Kelebihan sekaligus menjadi pembeda dari reksadana lainnya yakni sepenuhnya berefek syariah. Hal ini dikarenakan reksadana syariah baik cara pembelian, akad, dan kegiatan usahanya disesuaikan dengan syariat Islam. sehingga Anda pun tidak perlu khawatir jikalau ada sesuatu hal yang sekiranya dilarang terdapat pada reksadana syariah ini.

2.       Terdapat dewan pengawas syariah

Memang reksadana syariah dikelola oleh manajer investasi terpercaya dan berpengalaman layaknya reksadana lainnya namun, adanya dewan pengawas syariah inilah yang membuatnya sedikit berbeda. Dewan pengawas syariah ini sebenarnya memiliki fungsi sekaligus tugas untuk mengawasi proses investasi atau keseluruhan kegiatan investasi yang berjalan. Selain itu, dewan pengawas syariah juga bisa memberikan sebuah rekomendasi mengenai penyaluran dana cleansing.

3.       Adanya proses cleansing

Di reksadana syariah memiliki kelebihan salah satunya adalah adanya proses cleansing. Proses cleansing ini merupakan sebuah proses pembersihan dari hal-hal yang terlarang yang berada di reksadana syariah. Salah satunya dari dana yang tidak diketahui sumbernya dengan jelas. 

Ketika diketahui ada dana yang tidak jelas maka dana tersebut bisa disalurkan atau dialihkan menjadi amal. Banyaknya hal-hal yang dilarang agama membuat banyak orang khususnya para muslim khawatir jikalau investasi yang dilakukannya tidak sesuai dengan ketentuan agama. Maka dari itu inilah yang menjadi sebab munculnya reksadana yang berbasis syariah ini. 

Nah, itulah beberapa kelebihan dari reksadana syariah. Mendapakan keuntungan yang halal merupakan hal yang sangat berharga apalagi jika untung tersebut berasal dari investasi yang mana bisa Anda gunakan untuk jaminan masa depan nantinya. Salah satu perusahaan fintech yang membrikan penawaran berupa kemudahan berinvestasi reksadana adalah Amartha. 

Selain bisa memberikan keuntungan hingga 15% per tahun, berinvestasi di Amartha juga memberikan kesempatan untuk Anda membantu para pengusaha untuk membangun usahanya. Dengan begitu kesejahteraan ekonomi mereka bisa ikut meningkat. Bukankah bermanfaat untuk orang banyak merupakan hal yang sangat baik? 

Belum lagi Amartha merupakan perusahaan fintech P2P lending terpercaya dan aman lantaran sudah terdaftar secara resmi serta mendapat pengawasan langsung dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bagaimana tertarik untuk ikut bergabung? Ayo segera gabung bersama Amartha dan nikmati keuntungan reksadana lainnya. 


EmoticonEmoticon