Rabu, 02 Oktober 2019

Pengertian dan Fungsi Software Akuntansi


Likes - Munculnya software akuntansi (accounting software) merupakan wujud kemajuan teknologi khususnya di bidang accounting. Dengan software ini semua pekerjaan yang berkaitan dengan sistem akuntansi perusahaan dapat dikerjakan dengan mudah dan cepat.

Pengertian secara umum, software akuntansi merupakan perangkat lunak berupa program aplikasi yang didesain khusus untuk mempermudah aktivitas operasional akuntansi khususnya pencatatan transaksi usaha.

Menggunakan accounting software maka sistem penggajian, pembelian (payable), penjualan, buku besar, serta segala macam aktivitas pencatatan akuntansi akan menghasilkan laporan keuangan lebih cepat dan akurat. Dengan demikian perusahaan bisa mengambil keputusan bisnis yang tepat berdasarkan laporan keuangan tersebut.

Kompleksivitas dan Kegunaan

Secara umum software akuntansi dikembangkan sendiri oleh perusahaan yang bersangkutan atau bisa juga dibeli dari pihak ketiga. Oleh sebab itu secara kualitas, kegunaan, dan kompleksivitasnya sangat beragam. Dengan kata lain, fungsinya tergantung dari kebutuhan perusahaan yang ingin menggunakannya.

Jenis software akuntansi sendiri juga beragam, ada produk dari vendor lokal maupun luar negeri. Fitur-fitur yang diusung kadang juga tidak sama. Misalnya jenis software multi-user atau bisa digunakan lebih dari satu pengguna. 

Ada juga software multi-company yang bisa digunakan lebih dari satu perusahaan. Khusus untuk multi-company accounting software terdiri dari beragam bahasa, multi-cabang, multi-currency, database, modul AR, Stock, Payroll, dan sebagainya.

Program Akuntansi untuk Mempermudah Membuat Laporan Keuangan

Secara spesifik software akuntansi merupakan program akuntansi untuk mempermudah seorang akuntan membuat laporan keuangan. Laporan yang dimaksud mencakup: neraca keuangan (balance sheet, arus kas (cash flow), laba rugi (profit lost statement), buku besar, hingga laporan keuangan untuk periode tertentu (misalnya 1 tahun). 

Untuk membuat laporan-laporan tersebut memerlukan langkah dasar untuk menyusun buku besar. Pada masing-masing bagian buku besar tersebut mempunyai kode nama ataupun letak yang paten pada laporan keuangan perusahaan. 

Jika dibandingkan dengan cara manual, softaware akuntansi membantu perusahaan menerbitkan laporan keuangan secara cepat sehingga lebih efisien dan hemat waktu. Untuk membuat laporan keuangan secara manual biasanya butuh waktu berhari-bari. Belum lagi resiko terjadi kesalahan cukup besar.

Kunci kesuksesan perusahaan adalah sistem pembukuan yang baik. Untuk itu sebuah perusahaan butuh software akuntansi berkualitas, misalnya Soltius Software Akuntansi. Software ini memiliki fitur lengkap untuk pencatatan pembukuan secara cepat dan tepat pada bisnis Anda. Temukan solusi bisnis Anda dengan Soltius Software Akuntansi dengan harga terjangkau. 


EmoticonEmoticon