Jumat, 27 September 2019

Yuk, Booking Hotel di Dieng dan Nikmati 3 Kuliner Khas Dieng ini



Dieng, siapa sih yang tidak kenal dengan destinasi wisata satu ini? Selain terkenal dengan wisata alam dan sayur-sayuran segar, Dieng juga ternyata memiliki beberapa kuliner enak yang wajib kamu coba. Nah, sebelum mencicipi kuliner-kuliner enak di Dieng, kamu sudah booking hotel di Dieng belum? Kalau belum, kamu bisa lho booking hotel dengan mudah melalui pegipegi.com.
3 Kuliner Khas Dieng
Nah, kalau sudah booking hotel, kini saatnya kamu membuat list kuliner di Dieng yang wajib kamu coba. Banyak orang yang bilang “jalan-jalan ke Dieng itu paling enak jajan yang anget-anget” iya, kan? Sembari menikmati suhu udara Dieng yang dingin, yang terkadang bisa mencapai  titik 0 derajat, Kamu bisa banget lho mencicipi kuliner-kuliner yang akan kami rekomendasikan berikut ini:
1. Mie Ongklok
Sudah booking hotel dan jalan-jalan rasanya masih kurang lengkap jika ke Dieng tanpa mencicipi mie ongklok. Rasanya seperti makan sayur tanpa garam. Hambar, ada yang kurang. Mie Ongklok merupakan kuliner khas Dieng yang wajib banget kamu coba ketika berlibur ke Dieng karena kuliner ini hanya akan kamu temui di sepanjang jalan menuju Dieng atau di sekitaran Wonosobo.
Mie Ongklok sebenarnya adalah sajian mie kuning dicampur dengan potongan kubis (kol) yang direbus bersamaan, kemudian dipadukan dengan kuah panas kental yang gurih namun cenderung manis. Hmm, sudah terbayang belum betapa lezatnya sajian mie ongklok panas yang disajikan di tengah udara dingin dan kabut pegunungan Dieng? Tentu kamu jangan sampai melewatkan kuliner satu ini.
2. Tempe Kemul
Kalau kamu tahu tempe mendoan, tempe kemul hampir mirip lah dengan tempe mendoan. Bedanya, tempe mendoan disajikan setengah matang, kalau tempe kemul disajikan dalam keadaan goreng kering di bagian luar, namun tetap empuk di bagian dalam.
Konon, tempe ini dinamakan tempe kempul karena orang Dieng suka menggunakan selimut yang dalam bahasa jawa disebut kemul. Tempe kemul kemudian diartikan sebagai tempe yang terselimuti adonan gandum. Jika kamu ke Dieng, kudapan ini wajib kamu list sebagai teman menikmati dinginnya udara Dieng.
3. Kentang Goreng Khas Dieng
Kamu pecinta french fried? Jika iya, kamu harus banget nyobain kentang goreng khas Dieng. Konon, kentang ini disebut-sebut sebagai kentang terbaik karena kualitas ketahanannya sangat baik. Kentang Dieng tidak mudah busuk karena kadar airnya sangat rendah.
Kamu bisa menikmati kudapan ini ketika jalan-jalan di sekitaran candi Arjuna. Akan banyak penjual asli Dieng yang menjajakan kudapan ini dalam bentuk fresh from the pan. Masih hangat diangkat dari penggorengan. Mantap, bukan?
4. Carica
Ini nih yang paling dicari wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Carica adalah jenis pepaya yang hanya bisa tumbuh di dataran tinggi seperti di dataran tinggi Dieng. Setelah menikmati kuliner Dieng, kamu wajib banget membeli buah yang biasanya dikemas dalam bentuk manisan ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.
Kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan carica saat liburan ke Dieng karena hampir di sepanjang jalan akan banyak penjual yang menawarkan carica. Entah itu dalam keadaan sebagai buah atau sudah diolah menjadi manisan.
Nah, list kuliner yang wajib kamu coba ketika jalan-jalan ke Dieng sudah lengkap. Rasanya pasti plong jika kamu sudah membuat list kuliner yang akan kamu coba ketika liburan ke Dieng sekaligus sudah booking hotel di Dieng melalui pegipegi.com. Kalau belum, yuk, segera booking hotel di Dieng melalui aplikasi pegipegi. Install aplikasinya, dan dapatkan banyak promo menarik disana!


EmoticonEmoticon