Jumat, 13 September 2019

Mengenal 7 Khasiat Jahe Merah untuk Kesehatan Tubuh

Likes - Jahe termasuk salah satu rimpang yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, sebagai bumbu masak dan juga dimanfaatkan sebagai obat-obatan tradisional. Mudah sekali untuk menjumpai tanaman yang satu ini di Indonesia, apalagi untuk budidayanya sendiri juga tergolong sangatlah mudah. Bisa ditanam di pekarangan rumah dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya tumbuh membesar dan berkembang biak. Apalagi khasiat jahe  ini sendiri juga tergolong begitu banyak.



Diantara jenis jahe dibudidayakan sendiri, mungkin Anda sudah mengenal jahe merah, selain jahe putih maka jenis yang satu ini juga terbilang cukup populer, hanya saja memang agak sulit untuk ditemukan. Harga jualnya juga sedikit lebih mahal dibandingkan dengan jahe putih biasa. Jenis jahe merak ini dikenal kaya akan berbagai macam zat aktif yang sangat bermanfaat, seperti diantaranya adalah zingeron, gingerol hingga shogaol.




Banyak sekali khasiat jahe merah ini untuk kesehatan yang patut untuk Anda ketahui, diantaranya adalah:

1. Menghangatkan badan, memang bukan sebuah hal yang baru lagi jika dengan mengkonsumsi jahe ini akan meningkatkan suhu badan menjadi lebih hangat. Karena memang ada senyawa gingerol yang ada di dalamnya, sehingga terkadang menyebabkan rasa yang agak pedas, bisa digunakan sebagai wedang, dengan cara diperas sarinya dan dicampur menggunakan air panas juga ditambah sedikit gula untuk memberikan rasa agak manis. Cocok dikonsumsi ketika suhu dingin, sehingga dapat menjaga badan agar tetap hangat.

2.  Meringankan sakit kepala, kamfena yang ada di dalam jahe merah ini juga berguna dalam mengobati sakit kepala, khususnya adalah sakit kepala yang disebabkan oleh syaraf yang tegang.

3.  Dapat mencegah radang usus, peradangan yang terjadi pada organ pencernaan ini pada dasarnya memang bisa dialami oleh siapa saja, apalagi disebabkan oleh pola makan yang salah, namun konsumsi jahe merah yang mengandung senyawa zingeron ini sangat bagus untuk menghambat enzim yang dapat memicu peradangan usus tersebut.

4.  Meningkatkan kekebalan tubuh, bagi mereka yang mudah sakit, apalagi pada saat pergantian musim seperti sekarang ini, bisa mencoba kebiasaan mudah yaitu rutin mengkonsumsi sari jahe merah, karena berkhasiat di dalam meningkatkan sistem imuns atau kekebalan tubuh, sehingga tidak akan mudah terkena infeksi bakteri maupun virus.

5.  Dapat mengobati batuk, tak hanya untuk tingkatkan sistem imuns, masalah kesehatan seperti diantaranya adalah batuk yang disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri ini juga bisa diobati menggunakan jahe merah, karena ia mengandung minyak atsiri di dalamnya, sehingga mampu untuk meringankan gejala batuk, bisa dipakai sebagai obat batuk tradisional untuk anak-anak maupun orang dewasa.

6.  Meningkatkan nafsu makan, jahe ini juga bisa menghilangkan gas yang ada di dalam saluran pencernaan, mengatasi rasa mual apalagi pada wanita yang sedang hamil muda, selain itu juga bagus di dalam meningkatkan nafsu makan mereka.

7. Menjaga kesehatan jantung, konsumsi jahe merah ini ternyata juga bagus untuk menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam darah, sehingga membuat kerja jantung juga tetap terjaga, tidak akan mudah terserang penyakit jantung.

Dengan begitu banyak khasiat jahe merah untuk kesehatan, maka pastikan untuk rutin dalam menggunakannya. Apalagi tidak bisa dipungkiri jika seandainya bentuk pengobatan herbal ini jauh lebih aman tanpa menyebabkan resiko efek samping seperti diantaranya adalah ketergantungan, sehingga patut untuk Anda coba.


EmoticonEmoticon