Jumat, 13 September 2019

Gerakan Simpel Ini Efektif untuk Meredakan Nyeri Akibat PMS



Likes - Wanita yang sedang mengalami menstruasi tentunya akan merasa terganggu atau bahkan tersiksa. Sebab tak hanya nyeri haid saja, kram perut dan juga pegal-pegal sering terjadi selama masa menstruasi. Meski demikian kebanyakan wanita kurang peka dan hanya membiarkannya saja. Berikut gerakan simpel yang efektif mengurangi rasa nyeri akibat haid.

Gerakan Jongkok 

Tak hanya melancarkan pernafasan dan menstimulasi organ pada rongga tubuh saja. Gerakan jongkok juga mampu membantu mengurangi rasa nyeri akibat menstruasi tidak lancar. Meski terbilang sulit, lama-lama Anda bisa menyesuaikan diri dengan gerakan jongkok biasa yang dilanjutkan dengan memutar bagian tubuh atas dengan tangan yang berada di punggung. 

Gerakan Mengangkat Satu Kaki 

Sebagian besar nyeri selama haid disebabkan oleh otot paha, panggul, dan kaki yang kaki. Gerakan mengangkat satu kaki tentunya akan menyelamatkan Anda. Caranya cukup mudah, ambil posisi terlentang dan angkat satu kaki ke atas kemudian sentuh bagian kaki satunya. Angkat kepala ke atas dan lenturkan seluruh tubuh Anda secara perlahan. 

Posisi Setengah Kayang 

Sebenarnya posisi setengah kayang tak selamanya menyakitkan. Meski terbilang cukup sulit dilakukan namun gerakan ini dapat mengusir rasa nyeri akibat menstruasi. Mulailah gerakan ini dengan menekuk gerakan kaki dan luruskan tubuh Anda. Secara perlahan jatuhkan tubuh Anda dengan posisi kepala mendongak ke atas dengan tangan menyentuh tumit. 

Memijat Perut Secara Perlahan

Gerakan yang satu ini tak akan membutuhkan waktu yang lama. Cukup gunakan tangan dan jari-jari Anda untuk memijat bagian perut. Terutama untuk bagian bawah pusar yang menjadi pusat sirkulasi selama haid berlangsung. Pijatlah secara perlahan dengan gerakan memutar dari atas ke bawah. Lakukan secara berulang sesuai dengan kemampuan Anda. 

Berbaring Sembari Meletakkan Bantal di Bawah Lutut

Tak ada salahnya Anda memanfaatkan waktu kurang untuk melakukan gerakan yang satu ini. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu siapkan 1-2 bantal empuk dan letakkan di bawah lutut dengan posisi berbaring. Tahan gerakan ini selama kurang lebih 30 hingga 60 detik sembari mengatur sirkulasi udara agar tubuh Anda seimbang. 

Dengan beberapa gerakan sederhana di atas dijamin nyeri akibat menstruasi dapat segera teratasi. Pada dasarnya nyeri di awal siklus menstruasi memang dapat disebabkan karena berbagai faktor. Namun kini Anda bisa mengatasinya secara mudah dengan beberapa gerakan simpel di atas.


EmoticonEmoticon