Senin, 01 Juli 2019

Benarkah Sering Mengompol Juga Tanda Kanker Serviks?


Jangan anggap sering mengompol hanya berkaitan dengan malas buang air kecil sebelum tidur. Karena hal ini juga bisa jadi tanda kanker serviks.

Penyakit kanker serviks sudah sejak lama menjadi momok bagi wanita. Kasus terbanyak ditemukan pada wanita berusia 35-64 tahun, dan penyakit ini juga dinobatkan sebagai pembunuh nomor satu wanita Indonesia. Yuk, kenali tanda kanker serviks, yang salah satunya ditunjukkan dengan kebiasaan sering mengompol.




Kanker serviks dan gejalanya

Disampaikan oleh dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter, kanker serviks disebabkan oleh adanya infeksi dari Human Papilloma Virus (HPV). Penularannya melalui hubungan seksual dengan masuknya virus ke dalam sel-sel serviks, sehingga memicu perubahan fungsi dan pertumbuhan sel yang tidak terkontrol.

Gejala kanker serviks sendiri tidak selalu langsung terlihat. Karena butuh paling tidak 10 hingga 20 tahun untuk kemudian dapat timbul berbagai keluhan. Namun, beberapa keluhan berikut ini sebaiknya segera Anda waspadai:

  • Perdarahan di vagina yang abnormal, terutama setelah berhubungan seksual.
  • Durasi haid yang memanjang atau jumlah darah haid yang lebih banyak dari biasanya.
  • Keputihan yang tidak normal, dan biasanya bercampur darah.
  • Rasa nyeri saat berhubungan intim.

Bila mengalami keempat hal tersebut, ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Dengan demikian, diagnosis dan penanganan yang tepat bisa segera diperoleh. Tapi, benarkah sering mengompol juga bisa jadi tanda kanker serviks?

Sering mengompol dan kanker serviks

Ketika kondisi kanker serviks semakin parah, maka yang akan terjadi adalah komplikasi. Saat kanker mulai menyebar keluar serviks dan menembus organ-organ di sekitarnya, maka dapat timbul beragam keluhan.

“Konstipasi, muncul darah dalam urine, serta tungkai bengkak dan kebiasaan mengompol bisa terjadi ketika penderita telah sampai pada tahap komplikasi kanker serviks,” jelas dr. Fiona.
Tak hanya itu, menurut dr. Fiona, keluhan lain yang bisa dialami oleh penderita kanker serviks adalah terasa nyeri di bagian pinggang akibat ginjal yang membengkak, hilangnya nafsu makan, penurunan berat badan dan badan yang terasa lemas terus-menerus.

Jadi, benar adanya bahwa sering mengompol juga merupakan tanda kanker serviks, namun bila disertai dengan berbagai gejala di atas, termasuk muncul darah dalam urine dan tungkai yang membengkak. Nah, agar Anda terhindar dari penyakit ini, lakukan upaya pencegahan dengan rutin melakukan deteksi dini kanker serviks melalui pap smear atau tes HPV.



EmoticonEmoticon