Jumat, 22 Maret 2019

Panduan Mengasuh Balita Agar Disiplin



Berfedah.com- Balita merupakan masa anak dimana masih sangat membutuhkan asuhan yang baik dari para orang tuanya. Tidak hanya itu, balita merupakan masa dimana anak mulai banyak menirukan tingkah laku orang dewasa. Oleh karenanya saat memiliki seorang balita maka kita sebagai orang tuanya haruslah bisa bersikap dengan mencontohkan hal yang baik. Selain itu kita juga harus pandai-pandai menanamkan ajaran yang baik pada balita. Karena pada usia ini mereka akan mulai bisa memahami segala apa yang kita ajarkan pada mereka.

Mendidik balita memang bukan perkara yang mudah dan hal ini tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya segala hal apa yang kita ajarkan dan kita tanamkan pada balita akan menjadi kebiasaan yang akan dilakukannya hingga ia tumbuh dewasa. Oleh karenanya perlu diperhartikan dengan sangat teliti apa saja yang harus kita ajarkan dan tanamkan pada balita. Dan tentu saja yang tak kalah penting adalah bagaimana kita bisa mengajarkan dan mengasuh balita agar menjadi pribadi yang disiplin. Di bawah ini ada beberapa panduan dalam mengasuh balita agar menjadi pribadi yang lebih disiplin. Diantaranya adalah :

  1. Berikan hukuman sewajarnya pada anak. Mendidik balita dengan penuh kasih sayang memang merupakan hal yang sangat dan wajib kita lakukan. Namun perlu anda perhatikan juga jika anda mendidik anak dengan bentuk kasih sayang yang berlebihan tanpa memberikan peringatan dan hukuman saat ia melakukan kesalahan maka hal tersebut justru akan membuat si anak tumbuh menjadi pribadi yang manja dan keras kepala serta suka melawan. Hal ini tentu tidak baik. Karena anak akan merasa bahwa dirinya selalu benar sehingga ia akan tumbuh menjadi pribadi yang kurang disiplin. Oleh karenanya jika balita melakukan kesalahan maka tindakan yang baiknya kita lakukan adalah dengan memberikan hukuman yang sewajarnya agar ia merasakan dan mau berfikir bahwa tindakannya tersebut adalah salah.
  2. Buatlah anak anda merasakan lingkungan yang memang sesuai dengan umurnya. Salah satunya adalah dengan menghindarkan anak dari gadget atau smartphone. Dekatkan balita anda dengan suasana bermain dan membaca yang pastinya akan lebih memberikan pengajaran pada balita dibandingkan dengan memberikan smartphone terhadap anak. Hal ini terbukti akan lebih merangsang kinerja otak balita. Dengan suasana yang kondusif dan sesuai dengan umurnya maka hal ini dapat membantu anak tumbuh menjadi pribadi yang lebih disiplin.
  3. Berikan contoh berbuat kegiatan yang positif pada anak anda. melakukan hal yang baik mungkin tidak bisa dilakukan anak secara otomatis. Hal ini tentu saja wajar. Karena anak belum bisa membedakan mana hal baik yang harus dilakukan dan mana yang merupakan hal buruk dan harud dihindari. Nah dengan memberikan contoh dalam melakukan hal positif maka secara otomatis anak anda akan menirukannya.
  4. Jangan sampai melewatkan pujian yang harus anda berikan pada anak ketika anak anda usai melakukan hal yang positif. Hal ini akan membantu perkembangan otak si anak menjadi lebih baik. Saat dipuji ia akan tahu bahwa hal tersebut adalah hal yang baik untuk dilakukan. Sehingga secara tidak langsung akan membuat si anak terdidik dengan disiplin untuk mengulangi hal positif tersebut.


Nah panduan dalam mengajarkan anak balita di atas mungkin bisa menjadi referensi anda dalam memberikan pendidikan disiplin pada anak anda. semoga menjadi informasi yang berfaedah yaa. Selamat mencoba.  


EmoticonEmoticon